Krim Tanning Palsu.
Krim Tanning Palsu.

Ralfaonline.com, Jika ada sebagian orang yang sibuk untuk mencerahkan kulit, di sisi lain ada juga orang yang mencoba membuat kulitnya tampak gelap atau disebut dengan tannig. Tren tanning ini sudah lama ada mulai dari tanning outdoor menggunakan sinar matahari, hingga menggunakan krim tanning. Namun akhir-akhir ini ada beberapa kasus yang terjadi akibat krim tanning palsu, sehingga menimbulkan resiko pada kulit manusia yang menggunakan krim tanning palsu tersebut.

Krim Tanning Palsu.
Krim Tanning Palsu.

Efek tanning bagi penampilan kulit

Efek tanning, terutama indoor tanning, tidak akan langsung tampak setelah melakukan tanning. Tentu kulit akan berwarna lebih kecokelatan, tetapi selain itu melakukan tanning dalam jangka waktu lama juga bisa merusak penampilan kulit. Beberapa tanda kerusakan kulit yang diakibatkan oleh radiasi sinar UV yaitu:

  • Timbul bintik-bintik cokelat.
  • Timbul kerutan-kerutan halus dan tanda-tanda penuaan lain lebih cepat dari seharusnya karena sinar UVA yang merusak jaringan kulit hingga ke bagian dalam.
  • Muncul bisul, jerawat, atau ruam-ruam kasar pada kulit.
  • Terbakarnya kulit atau sunburn, yang diakibatkan oleh tingginya paparan sinar UVB.

Efek tanning bagi kesehatan tubuh

Selain merusak penampilan kulit, efek sinar UV juga dapat mempengaruhi sistem imun. Ini karena radiasi sinar UV diserap kulit hingga ke level molekul dan memicu terjadinya perubahan pada molekul dan sel yang berperan dalam sistem imun.

Gangguan kesehatan kulit yang lebih parah bisa terjadi setelah menjalani tanning selama bertahun-tahun, di antaranya adalah:

Kanker kulit non-melanoma

Kanker ini dapat terjadi di bagian squamous, sel yang membentuk bagian tengah hingga bagian terluar lapisan kulit, serta di bagian basal, sel yang berfungsi memproduksi sel kulit baru. Di antara keduanya, kanker sel basal paling sering terjadi tetapi mudah untuk diobati karena biasanya tidak menyebar ke bagian tubuh lain dan pertumbuhannya sangat lambat.

Sementara kanker yang terjadi di bagian squamous sedikit lebih berbahaya karena bisa menyebar ke bagian tubuh lain, tetapi pertumbuhannya cenderung lambat dan bisa diangkat dengan operasi.

Melanoma

Tipe kanker ini jarang terjadi tetapi merupakan jenis kanker kulit yang paling berbahaya. Kanker melanoma dapat berbentuk seperti tahi lalat atau freckles pada awalnya. Tetapi, melanoma memiliki bentuk yang tidak teratur dan warnanya juga tidak merata, terkadang timbul rasa gatal pada melanoma. Penanganan secepatnya meningkatkan kemungkinan untuk sembuh karena kanker melanoma berkembang dengan cepat dan dapat menyebar ke bagian tubuh lain.

Bahaya menggunakan krim tanning palsu atau melakukan tanning dengan cara yang tidak benar tentu akan menimbulkan resiko yang tidak baik untuk kulit, jadi sebaiknya jika kamu ingin melakukan tanning lakukan dengan baik dan benar.

Salah satu cara aman tanning adalah dengan menggunakan cahaya matahari, karena alami sehingga resiko lebih kecil. Namun jika ingin melakukanya cobalah untuk menggunakan krim khusus agar kulit tidak terbakar oleh sinar matahari, karena bagaimanapun sinar UV sangat berbahaya untuk kulit.

Krim Tanning Palsu.
Krim Tanning Palsu.

Jika ingin tanning  di salon menggunakan tanning bed, kamu dapat pergi ke salon yang memang sudah memiliki reputasi dan alat tanning bed yang berkualitas agar kamu terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan dan mendapakan hasil yang maksimal.

Gunakanlah krim tanning yang baik dan berkualitas agar tidak menimbulkan resiko yang berbahaya pada kulit, karena sekarang banyak beredar krim tanning palsu dan abal-abal. Sehingga ketika kita gunakan kulit kita akan mengalami iritasi bahkan lebih berbahaya dari itu, jadi sebaiknya pilih krim tanning yang berkualitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here