Atasi Lelah Saat Hamil.
Atasi Lelah Saat Hamil.

Ralfaonline.com, Dalam masa kehamilan kita sebagai wanita pasti akan sangat senang, namun kita juga harus berjuang agar adapat merawat dan melahirkan bayi dengan selamat. Hal yang akan kita hadapi selama proses kehamilan adalah rasa lelah yang lebih banyak, rasa lelah tersebut wajar saja karena nutrisi dalam tubuh dibagi dengan si kecil belum lagi bobot bayi yang semakin bertambah. Cara atasi lelah saat hamil cukup mudah, ada beberapa cara yang dapat kamu coba.

Atasi Lelah Saat Hamil.

Berikut ini adalah beberapa cara atasi lelah saat hamil, karena selama proses kehamilan kamu akan merasakan lelah yang lebih banyak dari biasanya meskipun kami tidak beraktivitas berat.

Tidur Dan Istirahat Selama Masa Kehamilan

Banyak yang bilang wanita yang sedang hamil menjadi sangat pemalas dan sering tidur-tiduran, hal tersebut wajar saja karena rasa lelah akan dirasakan oleh ibu hamil akan lebih banyak dari biasanya. Untuk mengatasi rasa lelah tersebut tidur dan beristirahat dapat menjadi solusi yang cukup baik, jadi sebaiknya perbanyak istriahat dan tidur ringan.

Atasi Lelah Saat Hamil.
Atasi Lelah Saat Hamil.

Aktivitas Fisik Ringan Selama Masa Kehamilan
Aktivitas fisik ringan, seperti berjalan, dapat meningkatkan kelancaran aliran darah selama kehamilan, melepaskan endorfin, dan dapat mengurangi kelelahan. Dalam hal ini, cara untuk mengatasi perasaan takut kelelahan dan malas melakukan apa-apa, adalah dengan menghadapinya dan memaksakan diri untuk bergerak & keluar rumah, karena kontak langsung dengan sinar matahari merangsang produksi vitamin D yang memiliki peran penting selama masa kehamilan.

Hindari Stres dalam Kehamilan
Stres juga merupakan salah satu penyebab kelelahan dan cenderung meningkatkan rasa kelelahan selama masa kehamilan, tidak hanya secara fisik tapi juga secara mental. Maka, banyak lakukan aktivitas yang menenangkan, seperti misalnya berdoa. Melatih kontrol pernafasan juga penting untuk ibu hamil, karena nantinya dapat mempermudah proses persalinan.

Fokus pada pernapasan akan sangat membantu kamu bersantai. Untuk melakukan ini, kita harus berada pada posisi yang nyaman dengan tulang belakang tegak, kemudian tutuplah mata kamu dan berkonsentrasi pada pernafasan. Tujuannya adalah untuk bernafas melalui hidung dan menghembuskan nafas melalui mulut kamu, dan semua dilakukan dengan lembut dan perlahan-lahan.

Hindari Dehidrasi Selama Masa Kehamilan
selama masa kehamilan frekuensi buang air kecil akan meningkat, hal tersebut wajar saja karena rahim akan membesar dan menekan saluran kencing. Agar tidak dehidrasi sebaiknya konsumsi air yang cukup ketika masa kehamilan, agar tubuh tidak dehirasi dan tidak mudah lelah.

Mengonsumsi Zat Besi Pada Masa Kehamilan
Anemia adalah masalah kekurangan gizi yang paling umum terjadi pada wanita hamil. Hal ini dapat disebabkan karena mayoritas wanita hamil akan merasa tidak berselera untuk makan. Departemen Kesehatan mengatakan bahwa kekurangan gizi pada ibu hamil yang paling umum terjadi adalah anemia yang disebabkan karena tubuh kekurangan zat besi.

Salah satu gejala utama anemia adalah meningkatnya rasa lelah, letih, dan lesu. Oleh karena itu, sering mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi seperti daging, kacang-kacangan, dan sayur-sayuran hijau, serta buah-buahan seperti jeruk yang mengandung vitamin C ataupun buah lainnya, dapat meningkatkan penyerapan mineral dan meningkatkan produksi zat besi agar Anda terhindar dari anemia.

Pasang Aromatherapy
Sering menghirup dan menikmati aromatherapy juga dapat menghindarkan Anda dari rasa kelelahan selama masa kehamilan. Padatnya aktivitas harian kamu dapat kamu akhiri dengan mandi air hangat sembari menghirup aromatherapy. Hal ini berguna untuk menghindari kelelahan karena menghirup aromatherapy dapat menimbulkan perasaan tenang dan nyaman.

Menjaga Kadar Gula Darah Agar Tetap Stabil
Kandungan gula darah yang berlebihan juga dapat menyebabkan kamu merasa lelah dan lesu. Oleh karena itu, hindari mengonsumsi makanan yang mengandung minyak dan lemak berlebihan karena dapat meningkatkan kadar gula darah kamu. Mulailah dengan pola makan yang teratur dengan membiasakan sarapan setiap pagi dan mengonsumsi makanan ringan yang sehat, hal tersebut dapat atasi lelah saat hamil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here